DKI Jakarta

DKI Jakarta

Senin, 25 Mei 2015

Masalah kependudukan di DKI Jakarta

 

 Permasalahan - Permasalah kependudukan yang sering terjadi di Indonesia Khususnya DKI jakarta



          Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di Dunia, Indonesia menempati urutan ke -4 di Dunia.  Namun itu tidak menjadi suatu kebanggan. Karena, bila Indonesia memiliki jumlah penduduk yang berlebihan sehingga indonesia memiliki banyak permasalahan juga. 
Khususnya di ibukota Jakarta, Jakarta merupakan salah satu daerah di indonesia yang jumlah penduduknya banyak di Indonesia. Selain itu juga jakarta merupakan kota metropolitan yang sering dijadikan tempet tujuan masyarakat di daerah lain. Mereka mendatangi indonesia dengan berbagai tujuan tertentu. Seperti, Mencari lapangan pekerjaan yang lebih layak, Tujuan berwisata/berekreasi, maupun tujuan pendidikan. Jakarta tidak hanya memiliki segudang tujuan, melainkan juga memiliki segudang masalah.
          Permasalahan yang sering terjadi mengenai kependudukan di indonesia khusunya DKI Jakarta yaitu Banjir, Macet, sering terjadinya kebakaran dan kejahatan-kejahatan seperti : pencopetan, Penjambretan, Begal, dll.
Kebakaran


Penjambretan



Banjir

Macet
          Itulah beberapa permasalahan kependudukan di ibukota jakarta. Solusi untuk menanganinya yaitu :
* Banjir : Banjir dapat dicegah dengan beberapa cara, pertama sebagai warga negara yang baik   seharusnya kita tidak membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan di tempat tersebut. Dan selalu membaca kebersihan di lingkungan sekitar.

* Penjambretan : Penjambretan dapat dicegah/ditanggulangi dengan beberapa cara, pertama jangan memakai perhiasan yang mencolok sehingga dapat mengundang kejahatan. Yang kedua, selalu mawas diri (berhati-hati) bila membawa barang bawaan.

* Kebakaran : Kebakaran bisa dihindari dengan beberapa macam cara:
   fire_extinguisher.jpg  hose.jpg
        
1.      Pasang detektor asap di langit-langit rumah, di luar kamar tidur dan disetiap lantai untuk rumah   betingkat. Alat ini perlu di test setiap bulan untuk memastikan selalu dalam kondisi baik.
2.      Sediakan alat pemadam kebakaran di rumah anda. Apabila anda bisa membelinya, siapkanlah selimut pemadam (fire blanket) untuk di dapur dan kamar tidur. Juga pemadam kebakaran, untuk rumah pakailah pemadam kebakaran jenis bubuk (powder).
3.      Apabila anda tidak mau membeli peralatan di atas, persiapkanlah pemadam kebakaran dari ledeng rumah. Siapkan selang yang cukup panjang, dan quick connection. Pasang beberapa qucik connection di keran rumah anda, terutama apabila rumah anda cukup luas. Sehingga ada beberapa titik untuk bisa memasang selang anda dengan cepat.
4.      Juga sebagai pengganti fire blanket, sediakan karung goni (karung beras yang terbuat dari serat manila hennep). Basahi karung goni sebelum dipakai untuk memadamkan api.
5.      Panggil pemadam kebakaran apabila masih sempat. Pasang nomor penting dekat telephone, atau program telephone untuk nomor-nomor penting. Ingat bahwa mereka tidak akan datang dalam waktu singkat, kemungkinan api telah berkobar lebih besar.


* Macet :
 1. Jalur three in one lebih diperluas wilayahnya dan tidak menggunakan batas waktu.
2. Jalan-jalan yang dilalui busway yang menyebabkan penyempitan badan jalan harus segera diperlebar.
3. Membangun transportasi massal lain, seperti misalnya subway atau monorel
4. Menerapkan usia kendaraan yang layak beroperasi. Ini juga dapat mengurangi polusi.
5. Meningkatkan tarif pajak kendaraan bermotor, khususnya kendaraan roda empat.
6. Mengadakan pelatihan atau seminar kepada supir-supir angkutan umum  tentang keselamatan dan peraturan berlalu lintas.
7. Menegakkan aturan dengan menindak tegas semua pelanggar lalu lintas tanpa kecuali ataupun oknum polisi yang berbuat pungli.
8. Memperbanyak dan terus menerus mengingatkan masyarakat melalui spanduk, brosur, ataupun iklan tentang disiplin berlalu lintas. Baik di media Cetak ataupun media elektronik.
          Sebagai warga negara indonesia, seharusnya kita bisa mewujudkan lingkungan sekitar kita aman dan selalu terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar